Amalan Sederhana: Menguburkan Kucing Mati Juga Berpahala!

Tingkahnya yang lucu, suka bikin hal yang asal-asalan serta tidak terduga. Siapa lagi kalau bukan hewan paling menggemaskan. Ya, kucing. Pasti banyak dong yang suka dengan hewan yang satu ini. Hewan yang populer di kalangan pecinta binatang. Selain karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, pasti juga karena bulunya yang halus.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak sayang dengan hewan yang sangat dicintai oleh nabi ini. Masih banyak kucing yang ditelantarkan, dibuang, bahkan sampai dibunuh oleh pemiliknya. Contoh kasus kejadian kucing di blender.

Sebagai seorang muslim kita dituntut agar menyayangi semua hewan, bukan hanya ke kucing saja tapi ke semua hewan ciptaan-Nya. Meski begitu, masih banyak umat Islam yang belum sadar dengan ajaran ini. Masih banyak umat Islam yang sering menelantarkan kucing, bahkan sampai banyak yang mati.

Padahal ada dalil larangan menindas binatang, lho. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh dua ulama terkemuka, Imam Muslim dan Imam al-Bukhori ada sebuah kisah yang akan menampar siapa saja yang tidak mencintai binatang.

Hadits tersebut menceritakan, bahwa kelak di neraka akan ada seorang wanita yang tersiksa. Pasalnya, wanita ini tidak memberi makan dan minum kucingnya. Sedangkan si kucing, hanya dikurung dalam sebuah ruangan. Hingga hewan itu mati.

Dari kesalahan itulah si wanita mendapat azab Allah. Jadi, bisa kita ambil hikmahnya. Bahwa kita harus selalu mencintai binatang. Karena Allah tidak suka, jika ada makhluk-Nya yang tertindas.

Ngomong-ngomong, ada sebagian orang yang bertanya: apa yang harus dilakukan jika menemukan kucing yang sudah sekarat, bahkan mati? Apa kita hanya diamkan begitu saja?

Perlu kita ketahui, bahwa menguburkan kucing yang sudah mati bisa memberikan pahala untuk kita.

Apakah menguburkan kucing yang mati dapat pahala? Sebetulnya tidak ada dalil khusus yang bisa menjadi patokan, namun bukan berarti pahala menguburkan kucing yang mati itu menjadi tidak ada.

Sebab ada pembahasan yang lebih detail lagi, terkait masalah ini.

Penjelasan tentang pahala menguburkan kucing mati

Baiklah, saya sempat bertanya kepada guruku, tentang “apakah menguburkan kucing yang mati memberikan kita pahala?”. Jawab guruku, bisa.

Kemudian saya tanyakan mengenai dalilnya, namun guru saya menjawab bahwa tidak ada dalil yang spesifik tentang hal ini.

Akan tetapi, kita bisa mengambil dalil yang ada erat kaitannya dengan hewan. Apa dalilnya? Dalilnya adalah tentang menyayangi hewan.

Maksudnya apa? Mari kita gali lebih jauh lagi, melalui kisah berikut.

Cuaca yang terik, gersang. Menyiksa seorang laki-laki yang sedang menempuh perjalanan jauh (musafir). Merasa kering tenggorokannya, lelaki tersebut membuat keputusan untuk beristirahat sejenak. Karena kehausan, dia mencari sumur, supaya dia bisa mendapat air untuk diminumnya.

Setelah dia menemukan sumber mata air, lelaki itu segera masuk ke dalam sumur untuk menghilangkan dahaga. Setelah segar, lelaki itu segera keluar kembali.

Lelaki itu pun bergegas untuk melanjutkan perjalanannya. Dari kejauhan lelaki tersebut melihat seekor anjing yang menjilati tanah yang basah. Merasa iba, lelaki itu turun kembali dan membawa air yang ditaruh disepatunya. Untuk diminumkan kepada anjing tersebut.

Melihat ketulusan lelaki itu, Allah SWT mengampuni dosa dia.

Setelah mendengar cerita hebat tersebut, sahabat-sahabat Rasulullah pun bertanya-tanya: “Ya Rasulullah, apakah bisa kita memetik pahala dari hewan?”

“Bisa,” Jawab Nabi.

Kisah ini diceritakan oleh guruku, lalu dia berkata, manfaat menguburkan kucing mati; adalah karena kita memuliakan ciptaan-Nya.

Artinya, menguburkan kucing yang mati itu merupakan wujud kebaikan kita terhadap hewan. Dan dari kebaikan itulah kita akan mendapatkan pahala.

Nah, setelah mengetahui penjelasan mengenai pahala menguburkan kucing mati. Pastinya Anda akan bertanya: bagaimana cara menguburkannya? Apa perlu menggunakan kain kafan? Oke, mari kita bahas juga.

Cara mengubur kucing

Pastinya, jauh berbeda dengan cara mengubur kenangan masa lalu bersama mantan ya. Hehe.

Mengubur kucing itu sederhana sekali. Hanya perlu menggali lubang ditanah, lalu mengubur bangkai kucing tersebut, dan terakhir kalian kuburkan kucing tersebut, uruk dengan tanah. Sudah selesai deh. 🙂

Oke, sampai di sini dulu ya pembahasan kita kali ini. Kesimpulannya, apapun kebaikan kita terhadap hewan, khususnya kucing. Allah SWT pasti melihatnya semua. Dan seperti sabda nabi yang kondang sekali, “Segala amal shaleh, adalah sedekah.

Oleh karena itu, bersegeralah dalam kebaikan. Walaupun hanya sekedar menguburkan bangkai kucing liar yang terlindas di jalanan. JANGAN DI BIARKAN !!!

Yakinlah, ada pahala menguburkan kucing yang mati