Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing yang Tepat Agar Tetap Lincah

Melihat kucing Anda sering kehilangan nafsu makan tentunya akan membuat Anda sedikit cemas, oleh karena itu Anda juga harus mengetahui cara meningkatkan nafsu makan kucing. Kucing yang kehilangan nafsu makan biasanya akan lesu dan tidak lincah. Hal ini tentunya karena sejumlah faktor, lalu apa saja?

Bisa jadi, makanan yang Anda berikan sebenarnya tidak cocok, atau bahkan kucing Anda sedang stres, mengalami gangguan pencernaan, sakit gigi, bahkan gangguan pencernaan lainnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa tips untuk meningkatkan nafsu makan kucing Anda supaya lincah kembali. Yuk simak!

6 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Agar Sehat

Saat kucing Anda kembali memiliki nafsu makan yang bagus, maka tentunya ia akan menjadi sehat dan lebih lincah. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan nafsu makan kucing yang dapat Anda coba.

1.     Berikan Makanan Favoritnya

Kucing Anda mungkin saja memiliki makanan favorit, entah itu dari Snack ataupun makanan pokoknya. Jika kucing Anda memang memiliki makanan favorit, maka Anda bisa memancing nafsu makannya agar kembali naik dengan memberikannya makanan favoritnya. Hal ini dapat Anda lakukan sebagai opsi jika Anda sudah mengetahui secara detail bagaimana pola makan kucing Anda tersebut.

2.     Berikan Makanan Basah

Beberapa kucing memang lebih menyukai makanan bertekstur lembut, karena memiliki masalah saat menelan ataupun permasalahan pencernaan. Seperti yang kita tahu, bahwa kucing ini sama seperti manusia karena mereka juga bisa sariawan dan sakit gigi juga. Dengan makanan bertekstur lembut tentunya kucing Anda bisa lebih bersemangat saat menghabiskan makanannya dan nafsu makannya menjadi naik.

3.     Menghangatkan Makanannya

Sama seperti manusia, kucing juga suka dengan makanan yang hangat, terutama para kitten yang terbiasa dengan ASI kucing. Sebaliknya, jika makanan dingin bisa jadi akan membuat kucing Anda kehilangan nafsu makannya. Oleh karena itu, dengan menghangatkan makanannya tentunya akan membuat rasanya semakin lezat. Lalu, bagaimana jika bentuknya sereal? Anda bisa mengimbanginya dengan menyiram susu khusus kucing yang masih hangat.

4.     Berikan Makanan yang Beraroma Kuat

Makanan dengan aroma kuat dan menyengat juga bisa menjadi makanan kucing Anda lho! Dalam hal ini konteks “kuat” adalah sedap menggugah selera makan kucing Anda. Hal ini karena secara tidak langsung aroma sedap ini tentunya akan menggugah selera dan nafsu makan milik kucing Anda. Beberapa makanan beraroma kuat yang dapat Anda coba berikan pada kucing Anda adalah ikan dan juga daging ayam rebus yang di olah matang.

5.     Berikan Air Minum yang Cukup

Sama seperti manusia, hewan kucing juga memiliki pola asupan air yang harus dijaga. Hal ini tentunya agar kucing Anda tetap terhidrasi karena jika sudah mengalami dehidrasi nafsu makannya juga akan berubah. Oleh karena itu, Anda dapat memberikannya air minum secara cukup atau bahkan mencampurkan air pada makanannya, jika kucing Anda sedang mengalami susah minum.

6.     Mengganti Menu Makannya

Kucing juga bisa cepat bosan dengan makanan seperti halnya manusia jika diberikan makanan yang sama secara terus-menerus. Jadi, sebagai alternatif Anda bisa mengganti menu makannya. Berikan sedikit demi sedikit dahulu untuk memastikan jika kucing Anda menyukainya agar makanan tersebut tidak terbuang sia-sia. Pastikan juga makanan kucing Anda tersebut tetap kaya protein dan nutrisi lainnya.

Cara meningkatkan nafsu makan kucing dapat membantu menjaga kucing Anda tetap sehat dan lincah. Dengan memberikan makanan favoritnya, makanan basah, makanan yang dihangatkan, beraroma kuat, serta cukup air minum, Anda bisa merangsang nafsu makannya. Selain itu, mengganti menu makanan secara berkala adalah cara lain untuk memastikan kucing tetap tertarik. Pastikan kucing Anda selalu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal.