Dahsyatnya Sedekah Pada Kucing Jalanan

Sedekah Pada Kucing

Adakah yang suka memelihara kucing di rumah? Nyatanya binatang berbulu itu adalah salah satu hewan yang sangat spesial bagi umat muslim. Hal ini dikarenakan Rasulullah memiliki peliharaan berupa kucing. Bahkan banyak hadits yang membahas tentang kucing. Dianjurkan juga untuk sedekah pada kucing agar bisa mendapatkan pahala.

Siapa sangka kalau sedekah pada kucing bisa memberikan manfaat yang luar biasa dalam hidup. Apalagi bersedekah sendiri merupakan salah satu bentuk ibadah yang disukai Allah SWT. Mari intip sedikit seperti apa dampak dari sedekah pada kucing. 

Hadits Sedekah Pada Kucing

Sudah sejak lama sekali kucing menjadi hewan peliharaan. Banyak orang yang menyukai binatang tersebut karena lucu dan menggemaskan. Bahkan Rasulullah SAW juga memiliki peliharaan kucing. Beliau sangat menyayangi kucingnya.

Saat ini pun semakin banyak orang yang tertarik untuk memelihara kucing. Siapa sangka dengan mengadopsi kucing jalanan menjadi peliharaan bisa mendatangkan pahala yang besar. Merawat dan sedekah ke kucing merupakan bentuk perbuatan baik yang berbuah pahala.

Ada hadits yang berbunyi seperti berikut: “Pada setiap sedekah kepada makhluk yang bernyawa akan memperoleh pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman dan kemudian dimakan oleh burung atau binatang lain maka sudah termasuk bersedekah” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maksud dari hadist tersebut, bagi muslim yang memberikan makan kepada binatang maka itu sudah dicatat sebagai sedekah. Pahala sedekah tersebut bisa menghapus dosa yang lalu atau menutupi dosa lama. Benarkah hanya dengan memberikan kucing makan sudah bisa mendapatkan pahala?

Disebutkan dalam salah satu hadits, pada zaman dahulu Nabi Muhammad SAW pernah ditanya seorang sahabat, “Ya Rasul. Apakah dengan berbuat baik kepada binatang maka kami mendapatkan pahala?” lalu Rasul bersabda, “Di dalam setiap makhluk hidup atau bernyawa ada pahalanya” (HR Bukhari dan Muslim)

Bahkan masih ada lagi penjelasan tentang pahala sedekah di dalam surat Al-Baqarah ayat 261. Dimana arti dari ayat tersebut intinya adalah, Allah akan melipat gandakan pahala atau ganjaran bagi siapa saja yang dikehendaki terutama orang yang memberikan hartanya kepada makhluk yang membutuhkan.

Melihat dari hadits dan ayat Al Quran yang menjelaskan betapa baiknya bersedekah. Tidak perlu diragukan lagi kalau sedekah pada kucing akan mendatangkan kebaikan bagi yang melakukan. Sebab sedekah ini tidak terbatas pada manusia saja sebagai objeknya, namun pada setiap makhluk yang bernyawa akan mendatangkan pahala.

Cara sedekah pada kucing yang paling mudah adalah dengan memberikan makanan yang layak. Jika ada kucing liar atau jalanan yang melintas berikan makanan dan minuman. Itu sudah menjadi bentuk sedekah yang luar biasa bagi yang melakukan.

Bisa juga dengan merawat kucing jalanan yang sedang sakit agar bisa sehat kembali. Memberi tempat tinggal layak, dibawa ke dokter hewan dan diberi obat, itu pun menjadi tindakan baik yang dicintai Allah SWT. Meski terlihat biasa saja di mata manusia, namun tindakan baik tersebut sangat berarti di mata Sang Pencipta.

Kucing Di Mata Islam

Mungkin akan terdengar sedikit aneh bagi yang belum paham, mengapa sedekah pada kucing sangat istimewa bagi seorang muslim. Hal ini karena memang kucing sendiri merupakan binatang kesukaan Rasulullah SAW.

Di mata Islam, kucing adalah binatang yang bisa dipelihara tanpa perlu khawatir dengan najis. Dalam hadits, kucing merupakan hewan yang bersih dari najis. Bunyi haditsnya yaitu,”Kucing tidaklah mempunyai najis. Sesungguhnya kucing adalah binatang yang sering dijumpai dan berada di sekeliling kita”. (HR Tirmidzi).

Bahkan konon, air bekas minum kucing bisa dijadikan sebagai air untuk berwudhu karena air yang sudah terkena air liur kucing tetaplah suci. Seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini. “Saat Rasulullah SAW hendak berwudhu kemudian ada kucing yang datang menghampiri lalu kucing tersebut meminum air dalam bejana tempat beliau hendak wudhu. Rasul berhenti sampai kucing tersebut berhenti minum dan mulai berwudhu dari bejana yang sama”. (HR Muslim)

Namun hadits tersebut baru bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari apabila kondisi kucing yang minum air untuk wudhu dalam keadaan yang baik. Artinya untuk kucing yang terlihat ada darah di mulutnya, atau kucing yang masih terdapat kotoran, maka air yang diminum menjadi najis.

Perlu diketahui, ada juga hadits lain yang menyebutkan kalau binatang lucu ini adalah salah satu hewan yang suci. “Kucing adalah binatang yang memiliki badan, keringat, serta bekas sisa makanan hingga air liurnya yang sifatnya suci. Bahkan air liur kucing memiliki sifat membersihkan. Hidup kucing lebih bersih daripada manusia” (HR Malik)

Sementara itu melihat dari ibnu Umar RA, Rasulullah bersabda “Ada seorang wanita yang dimasukkan ke neraka karena sudah mengikat seekor kucing dan tidak memberinya makan maupun minum, bahkan memakan binatang kecil yang lewat pun tidak diperbolehkan” (HR Bukhari)

Dari penjelasan beberapa hadits di atas dapat dilihat kalau kucing sangat istimewa di mata Islam. Tak heran jika sedekah pada kucing pun mendatangkan pahala yang besar dan manfaat yang dahsyat. 

Contoh Sedekah Pada Kucing

Pada prakteknya di kehidupan sehari-hari pasti sudah banyak yang tanpa disadari telah melakukan sedekah pada kucing. Bahkan banyak sekali kisah masyarakat yang menyentuh terkait kucing.

Misalnya saja ada pedagang kaki lima yang selalu rutin memberikan minum dan sedikit makanan pada kucing liar di sekitarnya. Asalkan ada rezeki lebih yang bisa dibagikan, pedagang kaki lima tersebut rutin memberi sedikit makanan ke kucing yang disekitarnya. Ada juga yang sampai membawa kucing-kucing jalanan pulang untuk bisa dirawat dan mendapatkan tempat tinggal layak.

Dimana hal tersebut tanpa disadari pada akhirnya memberikan keberkahan pada rezeki yang dimiliki. Tak hanya itu orang yang biasa berbuat baik pada hewan seperti kucing juga mendapatkan ketenangan batin. Hal ini termasuk dalam salah satu manfaat dari bersedekah.

Contoh atau kisah lain tentang kebaikan seseorang pada kucing yaitu, ada seorang pedagang air mineral di lampu merah, meski sudah renta beliau tetap menyisihkan hasil jualannya untuk memberi makan kucing jalanan. Sambil beristirahat dan menunggu pembeli, pedagang tersebut memberikan makan pada kucing dengan ikhlas dan tulus.

Kesimpulan

Sedekah pada kucing merupakan salah satu bentuk amalan yang sangat dianjurkan di Islam. Mengingat binatang menggemaskan tersebut sangat istimewa di mata Islam. Kegiatan tersebut juga menjadi penjelasan dimana bersedekah tidaklah terbatas pada sesama manusia, namun pada semua makhluk hidup.

Perlu diingat, tidak perlu menunggu kaya atau bergelimangan harta kepada makhluk ciptaan Allah SWT. Asal ada rezeki lebih dan yakin bahwa dalam setiap harta yang dimiliki ada rezeki makhluk lain. Lakukanlah sedekah dengan ikhlas dan istiqomah. Mulai dengan hal yang kecil seperti sedekah makanan pada kucing. Rasakan dan buktikan sendiri hasilnya nanti.