5 Hadits tentang Sedekah Lengkap beserta Artinya

Sedekah merupakan amalan baik yang dapat mendatangkan pahala. Ajaran Islam menganjurkan kita untuk bersedekah sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadist tentang sedekah.

Para ulama bersepakat bahwa sedekah hukumnya adalah sunnah. Jadi, boleh (tidak dosa), jika tidak kita lakukan.

Namun, amalan sedekah memiliki banyak keutamaan yang sayang untuk kita lewatkan. Mari simak info lengkapnya berikut.

Hadits tentang Sedekah

Ada banyak hadits yang menganjurkan kita untuk bersedekah. Berikut beberapa di antaranya:

1. Hadits tentang Sedekah Menolak Bala

Sedekah dapat menutup pintu-pintu keburukan, sehingga dapat menjadi pelindung dari musibah atau menolak bala.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

الصدقة تسُدُّ سبعين بابا من السوء

Artinya: “Sedekah menutup 70 pintu keburukan.” (HR Thabrani)

2. Hadits tentang Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Sebagian dari kita mungkin ada yang enggan bersedekah karena khawatir hartanya habis. Namun, kekhawatiran tersebut tidak perlu.

Pasalnya, Rasulullah dalam sabdanya telah menjelaskan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta. Dalam riwayat lain, Beliau juga bersabda menganjurkan sedekah supaya mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Berikut sabda Rasulullah SAW,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Artinya: “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim no. 2558)

Dalam riwayat lain disebutkan,

أنفقي أَوِ انْفَحِي ، أَوْ انْضَحِي ، وَلاَ تُحصي فَيُحْصِي اللهُ عَلَيْكِ ، وَلاَ تُوعي فَيُوعي اللهُ عَلَيْكِ

Artinya: “Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut[1]. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” (HR. Bukhari no. 1433 dan Muslim no. 1029).

3. Hadits tentang Sedekah pada Hewan

Amalan baik bersedekah tidak terbatas pada sesama manusia saja. Berbagi dengan binatang dengan niatan sedekah juga mendapatkan pahala.

Hal ini berlandaskan pada hadits berikut:

“Pada suatu ketika ada seorang laki-laki sedang berjalan melalui sebuah jalan, lalu dia merasa sangat kehausan. Kebetulan dia menemukan sebuah sumur, maka dia turun ke sumur itu untuk minum. Setelah keluar dari sumur, dia melihat seekor anjing menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan.

Orang itu berkata dalam hatinya; ‘Alangkah hausnya anjing itu, seperti yang baru ku alami.’ Lalu dia turun kembali ke sumur, kemudian dia menciduk air dengan sepatunya, dibawanya ke atas dan diminumkannya kepada anjing itu.

Maka Allah berterima kasih kepada orang itu (diterima-Nya amalnya) dan diampuni-Nya dosanya.

Para sahabat bertanya; ‘Ya, Rasulullah! Dapat pahalakah kami bila menyayangi hewan-hewan ini?’ Jawab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: ‘Menyayangi setiap makhluk hidup adalah berpahala.’” (HR Muslim No. 4162)

4. Ayat dan Hadist tentang Sedekah serta Keutamaannya

Banyaknya anjuran untuk bersedekah tidak lepas dari keutamaan luar biasa dari amalan baik ini.

Ketika kita bersedekah dengan niat yang ikhlas, maka Allah SWT akan menggantinya dengan berlipat ganda. Penggantinya juga mencakup ganti di dunia serta balasan ketika di akhirat nanti.

Hal tersebut tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 216,

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ أَنْفَقَ نَفَقَةً فِي سَبِيلِ اللَّهِ كُتِبَتْ لَهُ بِسَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ

Artinya: “Barang siapa menginfakkan sesuatu di jalan Allah, ditulis untuknya 700 kali lipat.” (HR. At Tirmidzi)

Itulah beberapa hadits tentang sedekah. Saking besarnya keutamaan amalan ini, kita bahkan bisa mendapatkan ampunan Allah SWT dengan bersedekah pada hewan. Kunjungi sedekahkucing.com untuk memberikan sedekah kepada kucing sekarang juga.