Hukum Sedekah Ada Empat Macam Sesuai Kondisinya

Banyak orang menganggap bahwa hukum sedekah adalah sunnah. Padahal sebenarnya terdapat empat jenis hukum sedekah yang perlu kita pahami bersama.

Sedekah adalah tindakan seorang muslim memberikan sesuatu kepada orang lain secara sukarela tanpa paksaan dalam hal waktu atau jumlah. Sedekah memiliki cakupan yang lebih besar daripada zakat dan infak.

Dalam konsepnya, sedekah tidak hanya mencakup pengeluaran harta. Akan tetapi, juga bisa mencakup tindakan baik lainnya atau perbuatan amal yang diberikan kepada sesama.

Hukum Sedekah Adalah Wajib, Sunnah, Makruh, atau Haram

Sedekah merupakan amalan yang baik dalam Islam, bahkan sebaiknya kita rutin bersedekah baik saat lapang maupun susah. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 195, Allah menyarankan agar kita bersedekah di jalan-Nya dan tidak mengabaikan orang lain serta berperilaku baik. Hal ini karena Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

وَأَنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوٓا۟ ۛ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Wa anfiqụ fī sabīlillāhi wa lā tulqụ bi`aidīkum ilat-tahlukati wa aḥsinụ, innallāha yuḥibbul-muḥsinīn

Artinya:

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Dengan ayat ini, Islam sangat jelas menganjurkan setiap umatnya agar saling berbagi kepada siapapun terutama kepada orang yang membutuhkan.

Namun, perlu diperhatikan kembali situasi dan kondisi saat kita bersedekah karena menentukan hukumnya.

Ternyata terdapat empat hukum sedekah. Sedekah bisa wajib, sunnah, makruh, atau haram tergantung situasinya. Berikut penjelasan mengenai empat hukum sedekah dalam Islam yang perlu kita ketahui.

1. Wajib

Sedekah wajib jika kita melihat seseorang yang benar-benar membutuhkan bantuan. Contohnya seperti fakir miskin yang kelaparan. Menolong dalam kondisi ini adalah kewajiban.

Sebab, tidak memberikan bantuan dapat menyebabkan penderitaan atau bahkan kematian.

Contoh lain adalah zakat wajib bagi oleh umat Muslim yang mampu sesuai dengan ketentuan agama Islam. Dalam kedua kondisi tersebut, sedekah hukumnya wajib.

2. Sunnah

Sedekah sunnah adalah ketika melakukannya, kita akan mendapatkan pahala, tetapi jika tidak pun kita tidak berdosa. Namun, sebagai makhluk sosial sebaiknya kita berbagi kepada sesama yang membutuhkan, baik dalam keadaan baik maupun buruk.

Hukum sedekah yang satu ini menunjukkan bahwa sebenarnya sedekah bisa kapan saja dan di mana saja. Alangkah baiknya kita memberi baik pada saat lapang maupun susah.

3. Makruh

Sedekah makruh jika barang yang disedekahkan buruk, tidak berguna, atau tidak dapat dimanfaatkan oleh penerima. Dalam hal ini, sedekah tidak dianjurkan, tetapi juga tidak diharamkan.

Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu memastikan kondisi barang atau materi yang akan disedekahkan. Apa yang menjadi sedekah tersebut haruslah dalam kondisi baik sehingga bermanfaat bagi penerimanya.

4. Haram

Terakhir, sedekah dapat menjadi haram jika harta atau barang yang disedekahkan digunakan untuk melakukan perbuatan dosa atau kejahatan. Misalnya sedekah yang berasal dari hasil pencurian, maka hukumnya juga menjadi haram.

Penting bagi kita untuk tidak membuat amalan sedekah kita menjadi haram karena tidak memenuhi persyaratan sah sedekah. Oleh karenanya, pastikan sumber sedekah berasal dari harta yang halal dan thayib.

Jadi, hukum sedekah adalah dapat menjadi sunnah, wajib, makruh, atau bahkan haram, tergantung pada situasi dan kondisi yang ada. Sebagai muslim semestinya kita mampu memperhatikan kondisi terutama sumber material yang kita sedekahkan. Tujuannya agar bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

Sekarang bersedekah pun banyak macamnya. Ada yang secara langsung, ada juga yang melalui penggalangan dana secara online. Tidak hanya kepada sesama manusia, bersedekah kepada sesama makhluk Allah pun bernilai pahala. Contohnya seperti Sedekah Kucing.

Kamu tidak harus turun tangan ke lapangan secara langsung. Bersedekah melalui penggalangan dana bersama kami turut membantu kucing-kucing jalanan yang membutuhkan.

Cek selengkapnya pada website kami berikut https://sedekahkucing.com/. Ayo bersedekah sekarang!