Jangan Ngasal, Ini Dia 5 Cara Adopsi Kucing yang Harus Kamu Ketahui

Siapa nih yang pengen adopsi kucing? Makhluk kecil dan menggemaskan ini memang sangat cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah. Disamping itu, cara mendapatkan kucing juga cukup mudah. Kita bisa mengambil dari tempat penampungan hewan, organisasi penyelamatan hewan, atau bahkan mengadopsi kucing yang ditemukan atau ditinggalkan di lingkungan sekitar.


Meski begitu, keputusan untuk mengadopsi hewan peliharaan membutuhkan pertimbangan yang matang. Mengadopsi kucing bukan hanya tentang membawa pulang hewan peliharaan yang lucu, tetapi juga tentang memberikan makanan yang tepat dan tempat tinggal yang nyaman. Jika kamu ingin mengadopsi kucing, maka kamu harus bertanggung jawab untuk memenuhi segala kebutuhannya.

5 Cara Adopsi Kucing yang Harus Kamu Ketahui

Sebelum memutuskan untuk membawa seekor kucing ke dalam rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Ini termasuk:

1.Apakah Sudah mampu untuk Adopsi Kucing?

Sebelum mengadopsi kucing, pertimbangkan kesiapan kamu sebagai pemilik hewan peliharaan. Jangan sampai terjadi penelantaran kucing peliharaan.

Kucing memerlukan perhatian, waktu bermain, pakan berkualitas, dan perawatan kesehatan rutin. Jadi, pastikan kamu memberikan tempat tinggal dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kucing.

2.Pilih Cara Adopsi Kucing

Ada berbagai sumber adopsi kucing, salah satunya shelter hewan alias tempat penampungan hewan. Shelter hewan adalah tempat yang menyediakan perlindungan, perawatan, dan tempat tinggal sementara atau permanen bagi hewan yang membutuhkan bantuan. Shelter hewan bertujuan untuk memberikan tempat yang aman dan nyaman bagi hewan yang mungkin kehilangan rumahnya, terlantar, terluka, atau ditinggalkan oleh pemiliknya.

Banyak shelter hewan menyediakan layanan bagi orang yang ingin mengadopsi kucing. Kamu bisa mengadopsi kucing dari shelter hewan yang ada di daerah kamu. Selain dari shelter hewan, masih banyak cara mendapatkan kucing lainnya. Ini termasuk Petshop, klinik hewan, dan lain sebagainya. Jika kamu berniat menolong kucing, kamu bisa mengadopsi kucing kampung terlantar yang ada di sekitarmu.

3.Periksa Kesehatan Kucing

Setelah menemukan kucing untuk diadopsi, langkah selanjutnya adalah memeriksa kesehatannya. Kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan agar diperiksa secara menyeluruh. Hal ini termasuk pemeriksaan kesehatan umum, vaksinasi, sterilisasi, dan pengobatan cacing.

4.Berikan Waktu untuk Beradaptasi

Setiap kucing memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Ketika membawa pulang kucing baru, berikan ruang kecil untuknya terlebih dahulu. Tempat ini bisa menjadi kamar atau ruang yang tenang dan terpisah dari area lain di rumah. Sediakan tempat tidur yang nyaman, mainan, makanan, dan tempat pasir di ruang tersebut.

Seiring berjalannya waktu dan kucing mulai menunjukkan kenyamanan dalam ruang kecilnya, barulah kamu bisa memperluas area yang dapat diaksesnya. Kamu dapat memberikan ruang tambahan secara bertahap. Setiap kucing membutuhkan waktu yang berbeda untuk beradaptasi. Oleh sebab itu, bersabarlah dan berikan kucing waktu untuk merasa aman dan nyaman di rumah barunya.

5.Perhatikan Perkembangan Perilaku

Setelah kucing tinggal di rumah kamu, mulailah memperhatikan perilaku dan kesehatannya. Perhatikan apakah kucing mengalami perubahan perilaku atau gejala penyakit tertentu. Jika khawatir kucingmu kenapa-napa, ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter hewan.

Nah, itulah beberapa cara adopsi kucing yang mungkin perlu kamu ketahui. Pastikan kamu selalu menjaga dan merawat kucing dengan baik. Tak hanya sekedar hewan peliharaan, keberadaan kucing yang energik dan menggemaskan juga dapat menghidupkan suasana rumah.