Obat Sariawan Kucing yang Ampuh!

Ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa terkena sariawan. Hewan peliharaan seperti kucing pun juga kerap kali mengalaminya. Tak sedikit orang penasaran dengan obat sariawan kucing.

Meski terdengar asing, namun kucing yang terkena sariawan pun membutuhkan obat yang tepat.

Jika manusia saja merasa tidak nyaman ketika terserang sariawan, maka kucing juga sama. Bahkan pada seekor kucing penyakit tersebut harus ditangani dengan tepat. Oleh karena itu sebelum mencari tahu apa obat sariawan kucing yang ampuh, perlu tahu juga seluk beluknya. Mari cari tahu lebih jelas penyebab, gejala, dan obat sariawan kucing yang tepat.

Apa Saja Penyebab Sariawan Kucing?

Nama lain dari sariawan yang menjangkiti kucing adalah stomatitis. Salah satu penyakit yang membuat mulut terasa sakit atau perih. Kondisi ini cukup serius karena terjadi peradangan parah pada jaringan mulut.

Ketika kucing sedang sariawan maka kemampuan menelan dan mengeluarkan suara bisa terganggu. Oleh karena itu sangat penting untuk tahu obat sariawan kucing yang tepat. Penanganan yang baik bisa membantu kucing cepat sembuh dari sariawan.

Agar pengobatan kucing yang sariawan bisa tepat sasaran, maka perlu mengetahui penyebab dari penyakit itu sendiri. Dimana nanti bisa memberikan obat sariawan kucing yang sesuai.

1.     Virus

Penyebab paling utama kucing bisa terkena sariawan adalah virus. Ketika virus sudah mulai masuk ke dalam tubuh, maka kekebalan tubuh akan diserang. Akibatnya terdapat plak dan bakteri yang berlebih di dalam mulut kucing.  Dari situlah muncul sariawan yang sangat mengganggu bagi si kucing yang terjangkit. Virus ini sendiri bisa berasal dari mana saja, oleh karena itu pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

2.     Penyakit lain

Penyebab kucing bisa terserang sariawan berikutnya adalah adanya penyakit lain di dalam tubuh kucing tersebut. Salah satu jenis penyakit yang bisa memicu sariawan adalah FIV atau Feline Immunodeficiency Virus dan FeLV atau Feline Leukimia Virus. Oleh karena itu sariawan pada kucing tidak bisa dianggap remeh.

Dapat dikatakan sariawan merupakan salah satu gejala penyakit yang serius pada hewan peliharaan seperti kucing. Pastikan untuk mendapatkan obat sariawan kucing yang tepat untuk mengatasinya.

3.     Genetik

Kucing yang sering mengalami sariawan juga bisa dikarenakan faktor genetik. Untuk hal ini tentu diperlukan penanganan khusus dari dokter hewan. Jika tidak, bisa menyebabkan sariawan yang berkepanjangan.

Meski banyak yang meremehkan, nyatanya penyakit yang berupa luka,  menyakitkan pada bagian gusi, lidah, atau pipi sangat menyiksa kucing. Pengaruh yang diberikan pun akan berakibat fatal. Kucing akan kesulitan menelan hingga tidak bisa mengeluarkan suara.

Gejala Sariawan Pada Kucing

Sebelum memberikan obat sariawan kucing, baiknya kenali dulu gejala yang biasanya muncul. Sariawan yang merupakan penyakit di area mulut tentu akan memberikan beberapa dampak pada kegiatan kucing sehari-hari.

1.     Susah makan

Gejala yang paling jelas adalah sulit makan. Kucing yang tidak nafsu makan biasanya dikarenakan terdapat sariawan di mulutnya. Jika sudah menunjukkan gejala tersebut segera periksa kondisi mulut kucing. Jika tidak segera diobati, berat badan kucing akan terus menurun dengan drastis.

2.     Menggaruk mulut

Ketika sariawan tentu mulut akan terasa tidak nyaman atau bisa jadi sebelum sariawan muncul sudah ada gejala gatal di dalam mulut. Hal itu menyebabkan kucing terlihat sering menggaruk area mulutnya. Ini juga bisa dijadikan pertanda kalau ada yang tidak beres dengan kesehatan mulut si kucing.

3.     Menggosokkan wajah ke lantai

Selain menggaruk area mulut, gejala lain yang perlu diperhatikan adalah ketika kucing sering menggosokkan wajahnya ke lantai. Rasa gatal atau sakit ketika ada sariawan di mulut membuat kucing merasa tidak nyaman sehingga membuat si kucing menggosokkan wajah ke lantai.

4.     Air liur berlebih

Kucing biasanya tidak memiliki air liur berlebih seperti anjing. Namun ketika itu terjadi artinya ada yang tidak beres dengan mulutnya. Ketika melihat kucing yang berliur bahkan air liurnya bercampur dengan darah, segera periksa kondisi mulutnya. Jika terdapat sariawan segera berikan obat.

5.     Marah

Kucing yang kesakitan akan terlihat seperti marah. Sariawan yang merupakan luka dalam mulut tentu akan membuat kucing kesakitan. Gejala yang bisa dilihat adalah kucing seperti marah sambil membuka dan menutup mulutnya.

6.     Bulu kusam

Kucing adalah binatang peliharaan yang sangat suka kebersihan. Normalnya kucing sering menjilati bulunya untuk membersihkan diri dari kotoran. Namun ketika ada kucing yang terlihat kusam dan tidak merawat bulunya bisa jadi ada sariawan di dalam mulutnya. Sariawan yang menyakitkan membuat kucing tidak bisa menjilat bulunya.

7.     Tidak mau bermain

Saat sariawan pada kucing sudah cukup parah maka dampaknya kucing akan terlihat murung. Dikarenakan kesulitan makan, tenaga kucing jadi tidak ada. Badannya akan menjadi lemas dan tidak ada mood untuk bermain.

Apa Saja Obat Sariawan Kucing?

Ketika melihat gejala kucing terjangkit sariawan baiknya segera berikan pengobatan yang tepat. Berikut ini beberapa obat sariawan kucing yang bisa diberikan kepada kucing.

1.     Antibiotik

Untuk bisa mendapatkan antibiotik ini baiknya dengan memeriksakan kucing pada dokter hewan. Terutama untuk kucing yang sariawannya sudah cukup parah. Tingkat keparahan tersebut dapat dilihat dari kondisi kucing. Untuk yang kucingnya sudah tidak mau makan sama sekali, berat badan sangat berkurang, serta air liur bercampur dengan darah, baiknya bawa ke dokter hewan agar mendapatkan antibiotik yang ampuh dan tepat.

2.     Obat apotik

Obat yang kedua adalah obat sariawan kucing yang dijual bebas di apotik terdekat. Ini diperuntukkan bagi kucing yang sariawannya masih belum terlalu parah. Bisa juga untuk kucing yang sariawannya masih belum muncul namun sudah bergejala. Bisa memberikan obat untuk membersihkan mulut atau obat sariawan tetes yang ada di apotik.

3.     Herbal

Tidak hanya pada manusia saja, kucing yang sariawan juga bisa diberikan obat herbal. Salah satunya ada kunyit. Coba campurkan bubuk kunyit pada makanan kucing. Ini bisa mencegah sariawan yang ada semakin parah. Bahkan jika rutin diberikan bisa menyembuhkan sariawan kucing lebih cepat.

Tips Mengatasi Kucing Sariawan

Agar bisa memberikan obat sariawan kucing dengan mudah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tips yang pertama, campurkan obat pada makanan atau minuman kucing. Untuk yang suka dry food bisa diblender atau dihaluskan dulu bersamaan dengan obat. Namun, baiknya selama sariawan berikan makanan basah pada kucing.

Wet food akan memudahkan kucing untuk makan dan menelan meski sedang ada luka di mulutnya. Ini untuk menjaga berat badan kucing serta memudahkan pemberian obat. Jika adanya dry food, maka setelah dihaluskan tambahkan air sedikit. Kucing akan lebih mudah menelan sehingga tidak mengganggu nafsu makannya.

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang obat sariawan kucing. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan kucing dengan baik. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.