Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Pertolongan Pertamanya

Kucing muntah merupakan sebuah hal yang wajar. Tapi bagaimana jika kucing muntah kuning? Dan terkadang kucing mengindap penyakit jenis ini tanpa diketahui penyebab kucing muntah kuning secara pasti.

Tentu Anda akan merasa panik ketika kucing tiba – tiba muntah berwarna kuning. Apalagi kucing akan terlihat lemas dan mulai sakit setelah muntah. Berbagai spekulasi pun muncul mengenai penyebab kucing muntah kuning.

Banyak orang yang mengira jika kucing muntah karena disebabkan oleh cuaca ataupun makanan yang tidak cocok. Sebelum menganggap bahwa kucing Anda memiliki penyakit yang cukup serius, sebaiknya Anda mengetahui penyebab penyakit kucing Anda ini.

Muntah kuning pada kucing bisa membingungkan dan mengkhawatirkan pemiliknya. Apa sebenarnya penyebab muntahan berwarna kuning ini? Apakah ini merupakan tanda bahaya yang perlu segera diatasi, ataukah hanya hal biasa yang terjadi pada kucing? Pada artikel kali ini kita akan mengupas lebih dalam tentang fenomena muntah kuning pada kucing, memahami penyebab, serta tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan sahabat berbulu kesayangan Anda.

Apa Saja Sih Penyebab Kucing Muntah Kuning?

  1. Kucing Makan Terlalu Cepat

Penyebab kucing muntah kuning yang pertama adalah kucing makan terlalu cepat dalam porsi makanan yang besar. Jika pemilik memberikan makanan dengan porsi yang besar, si kucing akan menghabiskan porsi makan yang telah disediakan dengan cepat. Hal ini akan membuat makanan belum terkunyah dengan benar sehingga sistem pencernaan akan terganggu. Faktor inilah yang menjadi salah satu penyebab kucing muntah kuning dan akan sakit. Disarankan bagi Anda pecinta kucing untuk bisa mengontrol porsi makanan agar si kucing bisa makan dengan perlahan.

  • Kesalahan Jenis dan Merk Makanan

Biasakan kucing mengkonsumsi makanan dari satu merk yang telah cocok. Kucing bisa saja muntah kuning jika ia salah makan karena berbagai merk yang dimakan. Makanan yang tidak cocok akan menyebabkan iritasi lambung dan pada akhirnya akan muntah. Oleh karena itu, sebagai pemelihara kucing, Anda harus memperhatikan kualitas dan kebutuhan dari pakan kucing agar kucing selalu sehat. Pilihlah pakan kucing dengan merk yang terpercaya. Ingat ada harga ada kualitas.

  • Penyebab Kucing Muntah Kuning Karena Keracunan Makanan

Perlu diperhatikan bahwa salah satu penyebab kucing muntah kuning adalah dikarenakan keracunan makanan atau racun yang tanpa sengaja dimakan ataupun terjilat oleh kucing. Berhati hatilah dalam meletakkan benda beracun seperti racun tikus, racun serangga, dan racun hama lainnya.

Jika kucing keracunan makanan, salah satu tandanya adalah lemas dan muntah seperti halnya manusia.

  • Perut Kucing Kosong

Penyebab kucing muntah kuning yang lainnya adalah perut kucing kosong. Seperti halnya manusia, apabila perut kosong kucing akan muntah kuning karena asam lambung bisa merangsang perut. Hal ini akan menyebabkan muntah kuning atau cairan empedu.

Jagalah pola makan kucing agar selalu diberi makan dan terjadwal dengan baik. Jangan sampai kucing sakit hanya karena terlambat memberi makan. Tapi jika diberi makan berlebih, dampaknya juga akan buruk.

  • Kucing Menelan Bulu

Mungkin tak asing bagi kita melihat kucing menjilati kaki ataupun badan sendiri. Tapi hal yang perlu diperhatikan adalah jika buu ini bisa menjadi masalah baru bagi si kucing. Pasalnya ketika bulu ikut tertelan, bulu ini akan membentuk bola di dalam lambung yang disebut trichobezoar. Bulu ini akan menyebabkan perasaan tidak nyaman dan menjadi salah satu penyebab kucing muntah kuning.

  • Penyakit Lambung

Kucing ternyata bisa terkena penyakit lambung juga. Beberapa masalah lambung kucing yang sering terjadi adalah gastritis (peradangan lambung), infeksi, bahkan asam lambung yang bisa menjadi penyebab kucing muntah kuning.

  • Stres atau Cemas Bisa Menjadi Penyebab Kucing Muntah Kuning

Kucing yang mengalami stres juga bisa menjadi penyebab kucing muntah kuning. Hal ini merupakan respon mereka terhadap perasaan negatif. Berbagai penyebab kucing stres antara lain lingkungan yang berisik, tempat yang basah, banyak gangguan, bahkan faktor kandang. Perhatikan lingkungan hidup kucing agar kucing Anda sehat dan tidak cepat mati.

Lalu Bagaimana Pertolongan Pertama Kucing Muntah Kuning?

Saat Anda mendapati kucing muntah kuning, ada beberapa langkah pertolongan pertama kucing muntah kuning. Yang terpenting jangan panik dan tetap tenang. Berikut ini beberapa langkah pertolongan pertama kucing muntah kuning :

Jika muntah hanya terjadi sesekali dan tidak menunjukkan gejala penyakit lain, seperti lesu, kehilangan nafsu makan, atau perilaku tidak normal, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Hal – hal yang harus dilakukan:

  1. Saat Pertolongan Pertama Kucing Muntah Kuning, Amati Kondisi Kucing

Amati kucing Anda dengan cermat. Perhatikan frekuensi muntahnya, apakah ada gejala lain seperti diare, perubahan perilaku, atau tanda ketidaknyamanan lainnya.

  • Pastikan Akses ke Air Bersih

Pastikan kucing Anda memiliki akses yang cukup terhadap udara bersih. Hidrasi yang baik sangatlah penting, terutama jika kucing muntah berulang kali.

  • Keluarkan Makanan

Jika kucing Anda muntah setelah makan, istirahatkan saluran pencernaannya dengan tidak memberikan makanan selama beberapa jam. Hal ini dapat mengurangi iritasi lambung.

  • Perhatikan Makanan dan Perubahan Makanan

Jika Anda baru saja mengganti makanan kucing Anda, bersedialah untuk kembali ke makanan yang biasa dimakan kucing Anda. Perubahan makanan yang terlalu drastis dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

  • Periksa Benda Asing di Perut Kucing

Periksa apakah kucing Anda mungkin menelan benda asing yang dapat menyebabkan muntah. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, segera hubungi dokter hewan Anda.

  • Waspadai Gejala Lainnya

Jika kucing Anda mengalami gejala selain muntahan kuning, seperti lemas, nafsu makan menurun drastis, atau perilaku aneh, segera konsultasikan ke dokter hewan.

  • Hindari Obat Saat Pertolongan Pertama Pada Kucing Muntah Kuning

Jangan memberikan obat atau perawatan di rumah tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan, kecuali dokter hewan telah memberikan instruksi khusus.

Namun perlu diingat bahwa muntahan berwarna kuning bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius. Jika kucing Anda terus muntah berwarna kuning atau mengalami gejala tambahan seperti diare, kehilangan nafsu makan, atau perubahan perilaku, segera hubungi dokter hewan. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan diagnosis serta pengobatan sesuai dengan penyebab muntah pada kucing Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan profesional untuk mendapatkan pertolongan yang tepat untuk kesehatan kucing Anda.