Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Suara Kucing Hilang yang Harus Diwaspadai

Ketika mendapati suara kucing tiba-tiba saja serak atau bahkan sampai menghilang, tentu ini menjadi hal yang patut diwaspadai oleh sebagian besar pemilik hewan peliharaan. Sebab jika dibiarkan secara terus menerus, dikhawatirkan hal ini akan menyebabkan gangguan pada kesehatan kucing tersebut. Sebelum Anda mengatasi permasalahan hilangnya suara pada kucing tersebut, sebaiknya kenali lebih dulu beberapa faktor penyebabnya di artikel berikut. 

Apa Saja Faktor Penyebab Suara Kucing Hilang?

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer dan banyak diminati oleh hampir sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, kucing merupakan hewan peliharaan yang memiliki bentuk fisik yang lucu dan memiliki suara yang begitu khas. Berkaitan dengan suara khas pada kucing tersebut, terkadang tak sedikit dari pemilik hewan peliharaan yang mendapati suara hewan peliharaannya tiba-tiba menghilang tanpa sebab.

Hilangnya suara khas pada kucing tersebut, umumnya disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin tidak disadari oleh sebagian besar pemilik hewan peliharaan. Adapun beberapa faktor penyebab suara kucing menghilang, di antaranya sebagai berikut.

1.   Masalah Infeksi

Salah satu penyebab utama yang mengakibatkan suara kucing menghilang, yakni karena adanya masalah infeksi di dalamnya. Permasalahan infeksi yang menyerang hewan peliharaan menggemaskan satu ini, biasanya disebabkan karena adanya virus herpes ataupun calicivirus feline. Dimana, kondisi ini tidak hanya akan membuat kucing kehilangan suara saja, akan tetapi juga menyebabkan gejala masalah lain seperti munculnya lendir dari hidung, mata berair, batuk dan juga radang tenggorokan.

2.   Terjadi Pertumbuhan Larynx

Selain karena masalah infeksi, penyebab lain dari suara kucing yang tiba-tiba menghilang yaitu adanya pertumbuhan pita suara (larynx). Perlu Anda ketahui, bahwa pita suara yang tumbuh pada anak kucing akan menjadikan kemampuan kucing dalam mengeong menjadi tidak optimal seperti biasanya. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir dikarenakan kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi, dan bahkan hampir semua anak kucing mengalami kondisi seperti ini.   

3.   Terkena Radang Tenggorokan

Hampir sama dengan yang dialami oleh sebagian besar manusia pada umumnya, kucing juga rupanya sangat rentan mengalami permasalahan radang tenggorokan. Yang mana, kondisi penyakit ini dapat mengakibatkan suara kucing berubah menjadi serak dan bahkan bisa hilang sepenuhnya. Umumnya, kondisi tersebut terjadi lantaran bagian trakea pada hewan peliharaan  mengalami masalah peradangan dan membengkak.

4.   Gangguan Penyakit Laryngeal Paralysis

Hilangnya suara kucing, juga bisa saja terjadi lantaran adanya gangguan penyakit laryngeal paralysis. Diketahui, penyakit laryngeal paralysis sendiri terbilang sebagai penyakit saraf yang dapat muncul, dikarenakan adanya kerusakan jaringan saraf yang berhubungan dengan pita suara. Kondisi kerusakan tersebut, nantinya akan sangat berpengaruh pada berfungsinya bagian pita suara dari kucing secara optimal.

5.   Adanya Faktor Eksternal

Permasalahan hilangnya suara kucing, juga bisa saja disebabkan karena adanya faktor eksternal, entah itu karena masalah makanan yang dikonsumsi maupun benda-benda yang ada di sekitarnya. Kedua hal tersebut, bisa saja memicu terjadinya kerusakan pita suara pada kucing, dikarenakan makanan atau benda yang masuk tadi akan tersangkut di bagian pita suara. Apabila tidak segera diatasi dengan baik, dikhawatirkan kondisi tersebut akan memicu luka yang berkelanjutan dan menyebabkan masalah peradangan atau pun infeksi. Dengan mengetahui beberapa faktor utama penyebab suara kucing yang tiba-tiba menghilang di atas, tentunya akan memudahkan bagi Anda untuk mengambil tindakan yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Baca juga : Sistem Pernapasan Kucing